6 Suggestions Pengasuhan Di Tengah Wabah Virus Corona

Written by Obit on December 22, 2020 in Tips agar anak mau mendengar nasihat with no comments.

Untuk mengatasinya, atur lah waktu Anda untuk menyelesaikan lebih banyak tugas yang mungkin dapat mengganjal di pikiran Anda. Dengan menerapkan cara tersebut, maka anak bisa sekaligus mempelajari bagaimana cara yang bijak untuk mengelola finansial, serta belajar untuk berhitung. Ada baiknya bila anak dan orangtua saling terbuka, sehingga anak akan lebih nyaman untuk bercerita kepada orangtua.

Mudah sekali bagi kita untuk terpancing agar terlihat lebih istimewa atau spesial dibanding orang lain. Tapi kalau yang kita pamerkan bukan milik sendiri dan bukan dari hasil kerja keras dan keringat sendiri, itu cuma hanya akan angin lalu belaka. Tumenggung Grip sadar betul Orang Rimba tak akan sanggup melawan kehendak pemerintah yang terus memberikan izin perusahaan membabat hutan yang tersisa.

Namun tetap pastikan anak juga sadar ia tak bisa mendapatkan semua yang ia mau. Meski kita tak mencanangkan harapan berlebihan, kita juga harus menerapkan peraturan mengenai hal-hal yang tak bisa dinegosiasikan. Kita mungkin jengkel melihat anak tak pernah menaruh barang di tempat semestinya, tapi menghormati orang lain tetap harus ia lakukan. Seperti ketika orangtua meminta anak untuk mengikuti les atau kursus sepulang sekolah.

Cara agar anak tidak melawan orang tua

Hal pertama dan paling utama, orang tua yang berpisah harus mencoba melihat dunia melalui sudut pandang anak-anak mereka. Namun banyak anak tidak mendapatkan informasi latar belakang yang cukup. Mereka memang bisa merasakan ketegangan atau permusuhan di antara orang tua mereka, tetapi tidak mengerti sumbernya. Para orang tua yang terus-menerus bertengkar satu sama lain akan meracuni suasana di rumah, kata Wypych. Mereka begitu sibuk dengan kondisi mereka sendiri sehingga pada dasarnya melupakan anak-anak mereka.

Cara Mendidik anak ini dapat membuat anak belajar bahwa tidak semua hal dapat dia lakukan begitu saja, terlebih jika itu merugikan orang lain. Pada masa ini, anak memang mengalami fase-fase peralihan fisik dan emosi dari rentang hidup sebagai anak-anak menuju masa remaja. Pada saat ini, anak sangat ingin menunjukkan identitas pribadi, sementara orientasi dirinya justru sedang bergeser.

Anak yang mendapatkan cukup kasih sayang saat kecil juga tidak akan mudah mencari perhatian dari orang lain sehingga tidak rentan terjerumus ke dalam pergaulan yang negatif. Siapapun yang melawan orang tua padahal orangtua sudah memberikan hal baik pada anak akan membuat hidup anaknya tidak tenang. Dalam sekolah atau pekerjaan akan banyak hal apes menyertai karena ridho anak tergantung dari ridho orang tua. Perubahan anak menjadi keras kepala dan suka melawan, bisa jadi perilaku tersebut diakibatkan karena mereka melihat contoh yang sama. Oleh karena itu, sebaiknya hati-hati jika bersikap di depan si kecil, karena anak-anak sangat mudah meniru orang di sekitarnya. Orang tua seringkali memaksa anak untuk mematuhi perintah dan melakukan hal-hal yang mereka harapkan.

Nah, jika anak menunjukkan perilaku yang tidak baik, ingatkan saja dengan rencana dan syarat yang sudah dibuat sebelumnya. Kata Tricia, hal ini akan memicu anak untuk melakukan sesuatu yang memang mereka harus lakukan. Ambil contoh, anak Anda tetap tak mau tidur meski sudah Anda minta dengan baik-baik.

Cara mendidik anak yang keras kepala bisa dilakukan dengan memberinya sedikit kebebasan. Bila anak mengalami tantrum semakin lama tak kunjung membaik, frekuensi tantrum semakin meningkat. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain seperti Psikiater serta dokter anak. Bisa jadi anak mengalami masalah tertentu baik dari sisi emosionalnya, kesehatannya dan yang lain-lain.

Semua hal tersebut tidak mudah, bahkan terkadang membuat orang tua stres dan merasa gagal menjadi orang tua. Terlebih jika Ibu memiliki anak lebih dari 1, kerap muncul kecemburuan dari anak yang lebih besar terhadap anak yang lebih kecil. Kecemburuan ini kerap dilampiaskan dengan cara ‘membangkang’.

Sebab, bisa jadi saat tua nanti, dia dan juga suaminya itu akan diperlakukan seperti itu oleh anak dan menantunya. Yaitu tidak main-main dalam membesarkan anak, alias tanpa belajar dan tanpa mau memahami anak. Tina menambahkan bahwa orang tua perlu mengingatkan anak-anak untuk belajar mandiri, bertanggung jawab, memotivasi diri, dan pandai bersosialisasi. Menurut ahli parenting, kesuksesan anak itu dipengaruhi cara orang tuanya.

Comments are closed.