Belajar Dari Rumah, Konsep Yang Ternyata Tak Mudah

Written by Obit on February 15, 2021 in Bisnis Makanan dan Minuman with no comments.

Metode pembelajaran ini sangatlah cocok bagi pelajar yang berada pada zona kuning atau hijau. Dengan menjalankan metode pembelajaran yang satu ini, tentunya juga harus memerhatikan protokol kesehatan yang berlaku. TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, tujuan pembelajaran dan hakikat kemanusiaan.

Cara agar anak tetap semangat sekolah disaat pandemi

Materi-materinya pun diberikan dalam bentuk video yang berdurasi kurang dari 2 menit. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana pendidikan bisa tetap berjalan? Berbicara mengenai pendidikan pasti sangat terganggu dan proses belajar mengajar pun tentu terhambat. Seiring berjalannya waktu, proses belajar online yang telah berlangsung kurang lebih delapan bulan ternyata memiliki banyak kendala. Berbagai permasalahan timbul, seperti HP yang tidak dimiliki sendiri oleh siswa, tidak memiliki kuota web , ketidakpahaman menggunakan berbagai aplikasi digital, hingga tugas yang banyak.

Namun, kali ini dia harus selalu memperhatikan tugas-tugas yang dikirim oleh guru melalui aplikasi di telepon genggamnya. Setidaknya, setiap jam kini Eka harus melihat ponsel untuk memeriksa apakah ada tugas dari guru. Konsep belajar dari rumah masih harus dikoreksi agar tak membebani semua pihak. Dari segi akademik misalnya, sepakati nilai minimal ninety Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan untuk tiap mata pelajaran. Dari segi sosial, ajak anak berkontribusi dengan berdonasi dalam penggalangan dana atau berpartisipasi dalam kegiatan sosial lain. Dari segi keterampilan, targetkan minimal ada dua atau tiga hal baru yang dikuasai.

Suara.com – Memiliki alergi memang bisa membuat aktivitas olahraga terganggu. Namun jangan patah semangat, pengidap alergi tetap bisa olahraga dengan memerhatikan sejumlah hal. Memiliki alergi memang bisa membuat aktivitas olahraga terganggu.

Selain memenuhi kebutuhan dan fasilitas belajar anak, orang tua tentu sekarang harus memperhatikan juga kuota web untuk bisa melakukan daring. Namun sekali lagi, pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan guru dansiswa itu sendiri. Tidak semua aplikasi pembelajaran daring bisa dipakai begitu saja. Namun harus dipertimbangkan sesuai kebutuhan guru dan siswa, kesesuaian terhadap materi, keterbatasan infrastrukur perangkat seperti jaringan.

Rika menjawab bahwa memang beberapa anak didiknya mulanya tidak dapat mengikuti pembelajaran daring oleh karena ketiadaan gawai yang dapat mereka gunakan. Walaupun pendidikan di Indonesia ikut terdampak adanya pandemi covid-19 ini, namun dibalik semua itu terdapat hikmah dan pelajaran yang dapat diambil. Artikel ini telah membahas beberapa rekomendasi desain pembelajaran jarak jauh dengan memandang pengajaran sebagai proses interaksi antar pelaku pembelajaran. Interaksi yang dimediasi oleh teknologi ini perlu didesain dengan matang dan diimplementasikan dengan berpatokan pada kebutuhan peserta didik. Selain apa yang telah dibagi di sini, ruang-ruang inovasi masih sangat terbuka lebar dalam desain dan implementasi pembelajaran jarak jauh.

Latih anak untuk tetap meluapkan energi-energi tersebut dengan berolahraga bersama orang tua. Berikan mereka pilihan lain untuk beraktivitas, seperti bermain skipping, senam bersama, cardio ringan, atau zumba. Anak dapat tetap merasakan kesenangan di tengah rutinitas olahraga sambil bermain yang baru.

Metode pembelajaran yang satu ini tidak hanya melibatkan satu mata pelajaran saja, namun juga mengaitkan metode pembelajaran lainnya. Dengan menerapkan metode ini, selain pelajar yang melakukan kerjasama dalam mengerjakan projek, dosen lain juga diberi kesempatan untuk mengadakan group educating dengan dosen pada mata kuliah lainnya. Metode ini dirancang untuk menyiasati penyampaian kurikulum agar tidak berbelit saat disampaikan kepada siswa. Selain itu, pembelajaran yang satu ini juga dinilai cukup baik bagi mereka yang kurang memiliki sarana dan prasarana mendukung untuk sistem daring. Lebih spesial lagi, pembelajaran tersebut dipandu dari rumah dengan menggunakan fasilitas Google Classroom.

Anak memang berpotensi bosan karena kegiatan Belajar yang monoton. Agar Anak semangat, dibiasakan tetap pakai seragam di rumah, supaya mereka tetap dapat really feel seperti di sekolah, hanya bedanya untuk sementara di rumah. Sebab menurut Lizzy, walau Belajar menggunakan platform berbasis on-line, kondisi temper Anak juga mesti dijaga agar bisa menyesuaikan Belajar di rumah. “Orang tua mesti optimistis, jangan bilang bahwa kita stres di depan anak-anak, tetap harus happy di depan Anak karena kita menjaga psikis mereka,” kata dia.

Akan tetapi, jangan sampai waktu belajar di rumah ini digunakan anak hanya untuk bermain dan bermalas-malasan. Nah, itu merupakan beberapa suggestions agar kita tetap semangat belajar dan beribadah dari rumah. Kalian bisa menambahkan beberapa kegiatan sehingga belajar dan ibadah tetap terlaksana sesuai dengan apa yang kita harapkan. Dan, yang paling penting, kita harus mematuhi aturan pemerintah untuk tetap di rumah saja.

Comments are closed.