Cara Mengatasi Perilaku Anak Nakal Tanpa Perlu Memarahinya Halaman All

Written by Obit on December 22, 2020 in Tips agar anak mau mendengar nasihat with no comments.

Respon Moms yang lunak bisa membuat anak semakin mengkhawatirkan. Namun, jika terlalu keras, anak justru merasa tidak bisa mengekspresikan dirinya dan ia pun menjauh dari Moms. Sifat keras kepala dapat timbul karena sesuatu yang tidak sesuai ekspektasi dan rasa kekecewaan mendalam, sehingga sulit menerima nasihat dari orang sekitar. Jika hal yang dibutuhkan adalah sesuatu yang positif, tak ada salahnya untuk merealisasikannya.

Padahal bekal makan siang itu telah dibungkus sang ayah untuknya. Psikolog anak Vera Itabiliana mengatakan, membentak adalah tindakan yang tidak perlu dilakukan karena tidak ada gunanya, baik bagi orang tua maupun anak. Dengan membentak, anak tidak akan mengerti maksud orang tua, justru hal itu menjadikan orang tua lelah dan energi terbuang. Di lain sisi, membentak juga merusak hubungan orang tua dan anak. Dian mengatakan, anak-anak yang dibesarkan dengan kekerasan kemungkinan besar akan tumbuh menjadi orang tua pelaku kekerasan pula.

Setelah mendiskusikan perilaku dan kata-kata mana yang tidak pantas, perlu memberi tahu anak bahwa akan ada konsekuensi jika anak melewati batas. Tentukan konsekuensi apa yang akan terjadi, misalnya anak akan kehilangan hak istimewa , mendapatkan tugas tambahan, atau tidur lebih awal. Bila anak berbuat baik, misalnya membantu orang lain, berarti kita telah mengajarkan mereka perbuatan baik. Yang penting perbuatan baik itu dilakukan atas kesadaran anak, bukan paksaan.

Pasalnya, apabila setiap kali demam seseorang minum obat penurun panas, hal itu bisa menghentikan kerja tubuh normal dalam melawan kuman dan meningkatkan imunitas. Di mana sahabat yang lebih bisa membuat bahagia jauh lebih didengarkan, dibandingkan orang yang hanya bisa marah dan memerintah saja. Casimiro adalah nama Spanyol yang suci dan kuat untuk bayi laki-laki. Ini mengacu pada ‘orang yang memproklamasikan perdamaian atas dunia.’ Itu adalah nama yang unik.

Hal ini bisa membuat orang tua mengetahui apa yang tengah digemari anak, apa masalah yang dihadapinya, atau apa yang sedang dirasakannya. Kehadiran orang tua dalam hidup anak juga akan memberikan contoh yang baik bagi mereka dan membangun hubungan yang dekat di antara keduanya. Respons orang tua ketika anak membantah sangat berpengaruh terhadap hubungan anak dengan orang tua nantinya. Terlalu toleran dan memanjakan anak dapat menyebabkan perilaku yang lebih mengkhawatirkan. Menjadi terlalu ketat pada anak juga dapat menyebabkan komunikasi orang tua dengan anak terputus, sebab anak dapat merasa bahwa ia tidak dapat mengekspresikan dirinya.

Duduk di dekatnya dan membantunya menyelesaikan PR dapat berdampak sangat positif, lho. Ia bisa jadi lebih semangat belajar dan bila mengalami kesulitan dapat langsung bertanya pada Mam. Selain itu, Mam dapat membangun kedekatan emosional dengan mendorong si Kecil untuk mengungkapkan perasaan apa pun yang ia rasakan. Dengan memperlihatkan rasa empati, si Kecil akan merasa tenang dan diperhatikan. Anda tentu tidak ingin jika anak memiliki memori buruk tentang tempat tersebut,” tambah dr. Karin.

Cara agar anak tidak melawan orang tua

Orang tua yang telah mendidik dengan baik akan merasa sakit hati dan hal ini pula yang dirasakan tuhan. Maka, ada kalimat ridhonya tuhan berasal dari ridhonya orang tua. Buat semua tindakan anak sama tetapi juga perhatikan kadar sesuai. Masa kecil anak memegang peranan penting dalam masa depannya kelak. Salah satunya adalah dengan memberikan contoh kebiasaan yang baik. Namun jika Si Kecil sudah terlanjur meniru berbagai kebiasaan buruk Ayah dan Bunda, cobalah untuk berkonsultasi ke psikolog mengenai cara untuk mengubah kebiasaan tersebut.

“Anda juga harus menepati perkataan yang Anda ucapkan sendiri. Jika Anda memberlakukan trip selama 5 menit, lakukanlah tepat selama 5 menit. Jangan menguranginya lantaran Anda luluh dengan matanya yang berkaca-kaca,” jelas dr. Karin. Ini sebenarnya cukup berkaitan dengan penyebab yang pertama. Saat si Kecil merasa tidak diperhatikan, tetapi dia kesulitan untuk menyampaikannya karena belum bisa berkomunikasi dengan baik, maka muncul perilaku nakal. Tapi lelahnya itu tidak membuat orangtua istirahat atau langsung tidur.

Comments are closed.