Catat 6 Ideas Dari Psikolog Agar Anak Efektif Belajar Dari Rumah

Written by Obit on February 16, 2021 in Bisnis Makanan dan Minuman with no comments.

Jika peserta didik ingin ruang yang lebih luas untuk berdiskusi, mereka juga dapat diinformasikan untuk menggunakan Slack, DingTalk, ataupun Lark. Tentu saja, pemilihan alat-alat tersebut juga tetap memperhatikan kefamilierannya dengan peserta didik dan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran daring yang dilangsungkan. Untuk itu, aplikasi-aplikasi yang familier di kalangan peserta didik, seperti Whatsapp dan Line, juga masih memiliki potensi yang sangat besar untuk digunakan sebagai ruang interaksi antar peserta didik. Ketika pertama kali mendengar istilah ‘merdeka belajar’, saya merasa skeptis. Cita-cita itu terasa terlalu ambisius untuk dilakukan mengingat kondisi pendidikan nasional yang sangat beragam.

Tentu saja perkuliahan yang dilakukan secara daring suasananya berbeda dengan perkuliahan yang dilakukan secara luring. Dengan berolahraga, kamu pun bisa Deposit Pulsa Tanpa Potongan terus semangat selama waktu belajar berlangsung alias enggak bikin ngantuk. Kamu bisa mengajak beberapa teman dan jangan lupa tentukan jadwalnya, ya.

Hikmah selanjutnya yaitu penggunaan media seperti handphone atau gadget, dapat dikontrol untuk kebutuhan belajar anak. Peran orang tua semakin diperlukan dalam melakukan pengawasan terhadap penggunaan gadget. Hal tersebut memberikan dampak yang positif bagi anak, dalam memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang bermanfaat.

Kepala sekolah menyadari keterbatasan kemampuan dan sarana yang tersedia. Tidak semua guru mampu mengoperasikan platform daring dan ketersediaan kuota sepanjang waktu. Disinilah peran guru yang melek IT, mendampngi guru lain yang belum bisa.

Cara agar anak tetap semangat sekolah disaat pandemi

Pemerintah Indonesia telah memberlakukan Social Distancing pada Minggu, 15 Maret 2020 dengan menutup sekolah dan tempat wisata. Orang tua harus memasukkan pula waktu jeda atau waktu yang biasa dialokasikan sekolah untuk jadwal mengudap anak alias snack time. Pilihan yang terbaik sebenarnya mengajak anak keluar rumah, namun tidak direkomendasikan saat corona sedang mewabah seperti ini. Pemerhati pendidikan Indra Charismiadji mengatakan belum semua guru yang siap menerapkan pembelajaran daring. “Belum semua guru siap menjalankan pembelajaran daring. Banyak guru yang kebingungan bagaimana pembelajaran daring tersebut,” kata Indra. Untuk anak usia SD atau lebih kecil, jangan memaksakan terlalu banyak waktu belajar.

Comments are closed.