Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan » Republik Indonesia

Written by Obit on February 19, 2021 in Bisnis Makanan dan Minuman with no comments.

Tidak ada mahasiswa yang datang ke kampus untuk menghadiri kuliah dari dosen dan tidak ada pertemuan langsung bersama teman-teman untuk meminimalkan penularan virus. Kuliah daring, seperti yang dilansir dari Kompas.com, menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, universitas memiliki potensi mengadopsi pembelajaran jarak jauh dengan lebih mudah ketimbang pendidikan menengah dan dasar. Untuk mata kuliah yang tidak dapat dilaksanakan secara daring, Nadiem menyarankan untuk meletakkannya di bagian akhir semester. Kecuali untuk sejumlah aktivitas prioritas yang memengaruhi kelulusan mahasiswa, maka pemimpin perguruan tinggi boleh mengizinkan mahasiswa untuk datang ke kampus.

Sementara pengajuan bertahap yang ia maksud adalah dimulai minimal untuk mahasiswa Semester Dua dan kuliah praktik. Namun, Satgas Covid belum memberikan izin sehingga belum ada KBM tatap muka sampai hari ini. Sejumlah persiapan dilakukan oleh Universitas Sebelas Maret Solo, Jawa Tengah untuk memulai perkuliahan tatap muka. Diantaranya menata kelas dengan pembatasan jarak dan menambah tempat cuci tangan.

Menurutnya, dalam pelaksanaanya, baik panitia, tenaga kesehatan, dan seluruh peserta penerima vaksin menerapkan protokol kesehatan 5 M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mngurangi mobilitas. REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Menjelang kuliah tatap muka, Institut Teknologi Nasional Bandung melakukan berbagai persiapan. Salah satunya, menyelenggarakan kegiatan vaksinasi mandiri bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung Senin (29/3). Selain kuliah tatap muka, PPKM mikro jilid empat pun mengizinkan digelarnya kegiatan seni budaya dengan kapasitas maksimal 25 persen.

Bersiap-siaplah untuk rajin bangun pagi, apalagi jika ada mata kuliah jam pertama yang mengharuskan tatap muka. Kamu tidak bisa lagi langsung meraih ponsel meskipun baru bangun tidur. Ritme hidup akan kembali normal karena jika kamu terbiasa begadang, kamu akan kesulitan bangun Daftar Togel Online pagi. Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta mengusulkan agar perkuliahan dibuka kembali untuk belajar tatap muka pada Desember 2020 mendatang di tengah pandemi COVID-19. Mahasiswa sudah seharusnya turut serta dalam kegiatan di luar perkuliahan demi memperkuat kemampuan intelektual.

Tatap muka bagi anak kuliah

Beberapa persiapan tatap muka di kampus Solo telah dilakukan seperti menata ruangan dengan mahasiswa maksimal 50% kapasitas ruangan, penegakan prokes, juga menyediakan sarpras seperti tempat cuci tangan. “Aktivitas belajar mengajar di Perguruan Tinggi atau akademi dilaksanakan secara daring/online atau luring/offline atau tatap muka,” tulis Anies dalam Kepgub Nomor 294 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM mikro. Dan untuk mahasiswa yang menghendaki kuliah daring pihak kampus juga sudah menyiapkan langkah. Karena memang nantinya akan bertahap tidak semua semester masuk bersamaan.

Akhirnya, goal pencapaian anak yang pada situasi regular bisa dicapai dalam satu semester misalnya, menjadi meleset. Inilah yang disebut learning loss yang dapat diartikan sebagai ketertinggalan pelajaran yang berakibat menurunnya kualitas pembelajaran. Di AS contohnya, learning loss ini berupa kemampuan siswa yang tertinggal 9-12 bulan dari waktu seharusnya. Menteri Pendidikan Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa dampak studying loss ini baru dapat dilihat di masa depan. Dan, menurunnya kualitas pendidikan ini tidak hanya terjadi di Indonesia, namun di seluruh dunia. “Perlu ada rencana yang matang terkait penyusunan jadwal perkuliahan, pengaturan kapasitas ruang kelas, laboratorium, dan asrama, serta mekanisme pengawasan aktivitas dosen dan mahasiswa,” ujar Prof. Haris.

Comments are closed.