Lulusan Perguruan Tinggi Mestinya Berlomba Menjadi Pengusaha Bukan Pns

Written by Obit on June 17, 2020 in Bisnis cocok dengan mahasiswa with no comments.

Bagi Anda yang sedang memilih jurusan untuk melanjutkan studi ke luar negeri, kuliah di jurusan kewirausahaan bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan menjadi seorang pengusaha handal. Di beberapa universitas di luar negeri tersedia pilihan spesialisasi jurusan kewirausahaan yang bisa dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minat dan karir yang diinginkan. Dalam memupuk jiwa entrepreneur, UM mengajak mahasiswa dalam kegiatan ngaji wisata. Kegiatan ini dilakukan dengan keliling perusahaan rintisan untuk mengedukasi mahasiswa bahwa menjadi pengusaha sukses tak bisa instan karena butuh waktu lama. Peningkatan kapasitas mahasiswa akan dilakukan dalam forum kewirausahaan.

Kita harus mengembangkan kreativitas diri sedemikian rupa sehingga didapatkan langkah-langkah cemerlang untuk bisa hidup makmur dan sejahtera. Dalam hal ini kita berusaha melakukan sesuatu yang berbasis pada kemampuan diri sendiri dan disinergiskan dengan kebutuhan masyarakat. Kita kembangkan kompetensi diri secara maksimal sehingga mampu menhasilkan sesuatu yang akhirnya dapat menjadi penopang hidup. Pola hidup mandiri inilah yang dikatakan yang selanjutnya dikatakan sebagai berwirausaha. Data Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa jumlah pengangguran terdidik di Indonesia pada tahun 2017 mencapai angka 861.695 orang (dengan jumlah penganggur berpendidikan Sarjana eight,eighty %, dan Diploma three,50 %).

Sebelum terjun menjadi freelancer tutor professional, perlu sekali untuk Anda memiliki skill yang mumpuni. Tentukan siapa target Anda, apakah ditujukan untuk siswa yang duduk di sekolah dasar, menengah, atau perguruan tinggi. Tapi, bila boleh memberi saran, akan lebih baik bila Anda mengajar topik yang sesuai dengan bidang Anda.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Dengan belajar di luar negeri, mahasiswa akan selalu update terhadap penggunaan teknologi maupun tren bisnis yang populer, sehingga dapat menciptakan sendiri mannequin bisnis yang sejalan dengan perkembangan jaman. Bidang kewirausahaan juga harus melek teknologi terbaru dan tren bisnis yang sedang populer saat ini untuk menjadi pengusaha yang sukses. Universitas di luar negeri biasanya menjalin kerjasama dengan universitas-universitas di negara lain untuk saling bertukar mahasiswa hingga magang di perusahaan asing. Bukan rahasia lagi jika universitas di luar negeri memiliki standar pendidikan terbaik. Hal ini karena jurusan kewirausahaan memiliki cakupan yang luas dan berhubungan dengan banyak model bisnis.

Ketika ide bisnis berasal dari hal-hal yang disukai seseorang akan lebih fokus dan termotivasi. “Jangan sampai bisnis yang kalian lakukan justru menghambat studi kalian.” Tegasnya. “Setiap tahun ada proposal yang masuk, tetapi yang didanai hanya 30 usaha saja. Besarnya tergantung dari jenis usahanya, kisaran Rp 4 juta hingga diatas Rp 10 juta,” terang Taat. Anda memiliki visi, dan Anda memiliki cukup kenyakinan dalam diri Anda untuk percaya bahwa Anda dapat mencapai visi Anda. Untuk mencapai visi Anda, Anda harus memiliki tujuan konkrit yang akan memberikan batu loncatan menuju visi utama Anda.

Tetapi, Saat ini zaman sudah menuntut segala sesuatu dengan sangat cepat. “Untuk itu, dari cerita singkat ini adik-adik mahasiswa sebagai generasi penerus harus siap dan berani untuk mandiri,” harap PAS. Tekadnya begitu kuat dalam belajar baik dari buku, hingga tak sungkan bertanya pada teman-temanya. Dari pukul empat pagi dirinya sudah bangun, hingga pukul sebelas malam baru mulai untuk istrahat bekerja.

Comments are closed.