Panduan Sekolah Tatap Muka Untuk Sekolah Dan Orang Tua Saat Pandemi

Written by Obit on February 19, 2021 in Bisnis Makanan dan Minuman with no comments.

Menurutnya, pemerintah harus menjamin kesehatan dan keselamatan anak dan tenaga pendidik. Ia menyarankan sekolah-sekolah memberlakukan sistem bubble, yang arti sederhananya adalah satu kelas maksimal terdiri dari 10 murid yang sama dengan satu guru tetap. Pandemi memang menuntut dunia pendidikan untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar dari rumah secara daring. Masalahnya, tak seluruh satuan pendidikan di Indonesia memiliki akses listrik, apalagi internet.

Sebagian besar wali murid mengizinkan kegiatan belajar-mengajar di kelas saat pandemi tersebut. Wali Kota Madiun Maidi menyebut uji coba KBM tatap muka di kelas itu bisa dilanjutkan bagi siswa yang telah mendapatkan izin orang tua. Artinya, pelajar dari wali murid yang tidak mengizinkan bisa mengikuti KBM melalui daring seperti biasa. JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan terus berupaya menggelar uji coba sekolah tatap muka terbatas.

Pemerintah kata Wiku memastikan kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas dilakukan dengan tetap mengupayakan kesehatan, keselamatan, dan keamanan dari peserta didik. Selain itu, kegiatan belajar tatap muka juga tidak boleh lebih dari 2 hari dalam seminggu, serta maksimal 2 jam setiap harinya. Orientasi kepada para murid dan orang tua ini kata Aman penting untuk diberikan agar masing-masing pihak dapat mengetahui panduan bersekolah dengan sistem tatap muka pada masa pandemi COVID-19. Menurutnya, ini penting agar generasi penerus bangsa ini bisa mengejar ketertinggalannya dalam hal akademis, namun tidak membahayakan diri. Aman juga menekankan, sekolah-sekolah bisa menjalankan sistem pembelajaran tatap muka sepanjang berada di lokasi dengan positivity rate di bawah lima persen. Lebih lanjut, Dewi menjelaskan bahwa selama satu tahun lebih melakukan sistem PJJ membuat sebagian orang tua kewalahan dalam mengawasi dan mengarahkan anak mereka untuk belajar di rumah.

“Bahkan kalau bisa harus ada ruang isolasi yang disiapkan di sekolah, untuk mengobservasi siswa yang suhunya berada di atas 37,3 derajat,” tambahnya. Wibi berharap hal itu dapat diperhatikan serius, agar wabah corona tidak lagi menghantui ibu kota. Pembelajaran tatap muka dimulai Juli 2021 diputuskan dalam Surat Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. “Mulai dari perilaku tenaga pengajar, siswa, dan pengaturan proses belajar. Kemudian infrastrukturnya dan sebagainya,” ucap Ema. Uji coba akan diikuti sekitar 319 sekolah dari setingkat TK, SD, SMP, hingga stage Bandar Togel Online SMA. Berlaku untuk sekolah yang telah dipilih, baik sekolah negeri, swasta, SLB, maupun sekolah formal di bawah Kementerian Agama.

Ketika dunia dilanda pandemi Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh harus dilakukan demi keselamatan bersama. Tak bisa disangkal, PJJ menggelisahkan banyak pihak, dari Pendidik dan Tenaga Kependidikan, orang tua, hingga pelajar. Uji coba sekolah tatap muka di DKI Jakarta yang berlangsung 7-30 April 2021 ini melibatkan 85 sekolah. Semua sekolah tersebut sudah lolos penilaian dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta dari sisi sarana prasarana protokol kesehatan maupun kesehatan guru dan tenaga pendidik.

Namun, langkah tersebut belum sejalan dengan orang tua murid yang masih banyak menolak rencana itu. Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, pemkot akan melakukan pengontrolan terhadap sekolah yang melakukan uji coba pembelajaran tatap muka terbatas. Harapannya, sekolah tersebut komitmen dalam menjaga protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Momon mengatakan Pemerintah Provinsi DKI melalui Disdik tidak memaksa sekolah di Jakarta untuk mengikuti uji coba. “Hampir sebagian besar siswa mengikuti kegiatan uji coba sekolah tatap muka. Memang siswa tidak dipaksakan untuk mengikutinya, tetapi ternyata banyak yang memilih mengikuti uji coba,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Budhi Asrori di Yogyakarta, Minggu.

Sekolah tatap muka uji coba

“Kita harus memastikan bahwa uji coba PTM ini benar-benar harus mengikuti prosedur lengkap,” ucap dia. Siswa, guru, atau petugas sekolah yang diduga masuk kriteria suspek, harus bersedia melakukan tes usap . Membuat pemetaan risiko siswa, orangtua siswa dan guru dengan komorbid. Jika memakai mobil antar jemput, pastikan semua memakai masker dan menjaga jarak, serta membuka jendela mobil. Jam masuk dan pulang sekolah harus bertahap untuk menghindari penumpukan siswa.

Comments are closed.