Sambut 2021, Kemendag Dukung Penuh Pemulihan Ekonomi Dari Dampak Pandemi Covid

Written by Obit on July 26, 2020 in Mempelajari Keuangan with no comments.

Hal ini dapat dimanfaatkan oleh PIP untuk mencapai quick win digitalisasi pembiayaan UMi bersama Direktorat Sistem Manajemen Investasi selaku pembina teknis. Menurutnya, dengan pelaksanaan Musrenbang secara online, salah satu aspek yang dicapai adalah efisiensi alokasi anggaran. Namun demikian dengan tidak dilangsungkannya sesi tatap muka dengan komponen masyarakat maka kualitas komunikasi antara pemerintah dan masyarakat perlu dievaluasi. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan, pada Januari-Mei 2021, nilai ekspor industri pengolahan mencapai USD66,70 miliar, naik 30,53% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar USD51,10 miliar. Dari capaian USD66,70 miliar tersebut, industri pengolahan memberikan kontribusi paling tinggi, yakni 79,42% dari whole ekspor nasional yang berada di angka USD83,99 miliar. “Singapura mempunyai pertimbangan tersendiri untuk menjaga keselamatan dan kesehatan para calon jamaah haji,” demikian dikutip dari pernyataan itu.

Sejumlah syarat untuk bisa ikut serta dalam ibadah haji 2021 dipaparkan Haramain, situs informasi seputar Masjidil Haram yang berafiliasi dengan General Presidency of the Grand Mosque , via Twitter mengutip Kementerian Kesehatan Saudi. Tahun lalu, Pemerintah Arab Saudi hanya mengizinkan sejumlah kecil dari mereka yang tinggal di negara itu dan yang memenuhi kriteria tertentu untuk berpartisipasi dalam haji 2020. AMTAS dan agen perjalanan haji juga telah sepakat bahwa, akan segera mengembalikan dana yang sudah dibayarkan oleh jamaah tahun lalu, yang akan digunakan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Kelima, penguat pondasi perekonomian untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Meskipun kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia belum membaik, namun karena adanya program vaksinasi yang dilakukan tentu ini sedikit membuat lega masyarakat untuk beraktivitas ketika Ramadhan nanti. Mulai dari tarawih berjamaah, ngabuburit, hingga buka puasa bersama namun tetap menerapkan protokol kesehatan 3M. Program PEN untuk mendukung UMKM pada tahun 2020 tercatat telah berhasil menjadi bantalan dukungan bagi dunia usaha, khususnya bagi sektor informal dan UMKM untuk bertahan dalam menghadapi dampak pandemi.

Pandemi 2021

Itu artinya, kamu akan sekali lagi menghabiskan waktu dengan melakukan pembatasan diri terhadap kegiatan sosial dan kerumunan. Untuk mengatasi krisis ekonomi yang dipicu oleh pandemi ini, secara sadar kita meminta, bahkan memaksa, agar orang, sebisa mungkin, untuk tinggal di rumah. Pada 2018 misalnya, UMKM tercatat memberikan kontribusi 57,8 persen terhadap Produk Domestik Bruto dengan nilai Rp8.573,9 triliun, lalu pada 2019 menyumbang 60 persen PDB dan 14 persen dari complete Situs Bola Online ekspor nasional. Wajar jika pemerintah pun optimis langkah digitalisasi UMKM membuahkan hasil positif. Peningkatan pesat jumlah UMKM go digital, masih kata Menteri Teten, tidak lepas dari upaya pendampingan dan pelatihan yang digencarkan pemerintah bekerja sama dengan pelaku ekosistem digital atau founder platform digital. Karena itu, ke depan, pihaknya memastikan agar Kementerian Koperasi dan UKM bersamastakeholderlainnya terus mendorong agar pelaku usaha segera memanfaatkan teknologi dalam proses bisnisnya.

Sesuai rilis Katadata Insight Center , mayoritas UMKM (82,9%) merasakan dampak negatif dari pandemi ini dan hanya sebagian kecil (5,9%) yang mengalami pertumbuhan positif. Pasca terbitnya Undang-Undang No.eleven tahun 2020 tentang Cipta Kerja, UMKM dan Koperasi memiliki peluang yang lebih besar untuk berkembang, di antaranya melalui kemudahan akses pembiayaan, pemasaran, pengembangan usaha, perizinan dan rantai pasok yang diatur di dalamnya. Selain itu, kepastian hukum Badan Usaha Milik Desa yang selama ini menjadi penghambat kerja sama penyaluran dengan PIP sudah sangat jelas statusnya. Terobosan hukum yang berujung pada terbukanya kesempatan penambahan jumlah penyalur dan perluasan wilayah penyaluran pembiayaan UMi ini harus dapat dioptimalkan oleh PIP. Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan salah satu kunci keberhasilan perseroan untuk membangkitkan kinerja pada awal tahun ini, dengan memperhatikan sektor unggulan masing-masing wilayah yang masih memiliki prospek positif dan kualitas yang baik.

Comments are closed.