Sekolah Tatap Muka Dibuka Mulai Juli, Wagub Dki

Written by Obit on February 17, 2021 in Bisnis Makanan dan Minuman with no comments.

“Hanya boleh maksimal 25 persen dari murid yang hadir. Tidak boleh lebih dari dua hari seminggu, jadi seminggu hanya dua hari. Kemudian setiap hari maksimal hanya dua jam. Opsi untuk menghadirkan anak adalah ditentukan orang tua,” tutur Budi, beberapa waktu lalu. Sebagaimana diketahui, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, PTM terbatas mewajibkan sekolah hanya membolehkan maksimal 25 persen siswa yang masuk. Sekolah di Dandwal, di negara bagian Maharashtra, India, menyediakan sarana khusus untuk murid yang tidak bisa mengakses internet. Di sini, murid bisa mengikuti kegiatan belajar dan mengejar tugas-tugas yang tertinggal dengan mendengarkan rekaman yang kemudian diputar dan disiarkan dengan bantuan pengeras suara. Keempat, PTM wajib menjaga protokol kesehatan secara ketat dan disiplin, serta membentuk satgas COVID-19 di sekolah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sudah memberikan lampu hijau, sekolah tatap muka secara terbatas bisa dilakukan pada tahun ajaran baru bulan Juli 2021.

akan lebih aman dan nyama orang tua mengantar dan menjemputnya ke sekolah dengan tidak menggunakan kendaraan umum. Menekankan pentingnya protokol kesehatan yang ketat menjadi prioritas penerapan sekolah tatap muka terbatas agar tidak terjadi kluster Covid-19. “Kami juga mengimbau seluruh masyarakat, baik tenaga pendidik, peserta didik, maupun orang tua untuk dapat disiplin menjalankan protokol kesehatan,” ucap Abetnego. Berdasarkan information Komisi Perlindungan Anak Indonesia , sebanyak seventy nine,54% dari forty two sekolah yang sudah melakukan uji coba sekolah tatap muka terbatas tahun 2021 dinyatakan siap. Jumlah ini naik drastis dibandingkan penelitian tahun 2020 di forty nine sekolah di delapan propinsi yang menyatakan hanya sixteen,3% yang siap melaksanakannya. Pemprov DKI, kata dia, tentunya menekankan penerapan protokol kesehatan yang sesuai aturan agar mencegah penyebaran Covid-19.

Kapan mulai sekolah tatap muka

“Kriterianya harus cek dari segi kasus COVID-19 di daerah setempat , kesiapan fasilitas pendukung, serta kesiapan unsur penyelenggaran upaya belajar mengajar,” tutur Wiku saat dihubungi. “Presiden mengatakan pendidikan tatap muka yang akan dimulai harus dijalankan dengan ekstra hati-hati. Tatap mukanya terbatas,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (7/6). “Saya apresiasi langkah cepat Pemda dan satuan pendidikan untuk pelaksanaan PTM terbatas pada masa transisi ini,” ujar Nadiem. Vaksinasi tahap pertama bagi pendidik dan tenaga kependidikan paling lambat dilaksanakan minggu kedua Mei 2021. Tahap kedua paling lambat akhir pekan keempat Mei 2021 dan tahap ketiga paling lambat pada pekan kedua Juni 2021.

Namun foto ini, yang diambil sebelumnya, melambangkan pendekatan negara ini terhadap penanganan COVID-19. Di SDN Sungai Andai three Banjarmasin, di Banjarmasin Utara, PTM dimulai hari ini untuk kelas 4 dan 5, siswa yang masuk dibatasi perkelompok, waktunya pun hanya dua jam. Hanya saja, pemberlakukan PTM tersebut dilakukan secara terbatas dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Bahkan, para siswa tidak dapat dipaksakan atau diberi pilihan untuk mengikuti PTM atau tetap melakukan Pembelajaran Jarak Jauh . Targetnya selesai semua sekolah sudah tatap muka di bulan Juli 2021 ini untuk tahun pelajaran yang baru, itu saja,” sambung Nadiem.

Nadiem mengatakan, guru dan dosen menjadi salah satu prioritas pemerintah untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19. Hal itu untuk memberikan peluang di sektor pendidikan yang sampai saat ini belum bisa melaksanakan proses kegiatan tatap muka. Sarana dan prasarana protokol kesehatan juga penting untuk disediakan seperti sarana sanitasi, kebersihan dan peralatan prokes di antaranya thermogun, peralatan cuci tangan, dan masker. Pihak sekolah tidak boleh kendor mengingatkan warga sekolah untuk terus menjaga diri dan menghindari kontak fisik. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pun menyebut bahwa pembelajaran tatap muka merupakan pilihan cara yang paling efektif untuk mengatasi ketimpangan dalam hal kesiapan infrastruktur dan jaringan IT, kesiapan silabus dan kurikulum darurat.

“Sampai hari ini saya masih sering cukup mendengar keluhan para pelajar yang ingin kembali bersekolah. Hal itu menunjukkan anak-anak kita tidak sabar lagi untuk belajar tatap muka,” katanya. Mendikbudristek RI Nadiem Makarim juga menyebut pembelajaran tatap muka sudah sangat dinanti-nanti oleh para pelajar. Budi Gunadi menjelaskan setiap pandemi menyebabkan perubahan dalam kehidupan sehari-hari dan manusia mampu bertahan dengan beradaptasi terhadap keadaan dengan menerapkan gaya hidup dan protokol kesehatan yang baru. Maka dari itu, untuk mencegah misplaced Agen Bola Online of studying, sekolah tatap muka pun rencana mulai digelar pada Juli 2021. Berdasarkan knowledge Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah ada sekitar 22 persen sekolah di daerah yang berhasil melakukan PTM terbatas, di antaranya adalah SD Negeri 03 Pontianak Selatan, Kalimantan Barat dan SMA Negeri 9 Bengkulu Selatan, Bengkulu.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyebut pemberian izin pembeajaran tatap muka bisa dilakukan serentak maupun bertahap, tergantung kesiapan masing-masing daerah dan tentu saja berdasarkan evaluasi kepala daerah. Walau pun sudah diperbolehkan sekolah tatap muka namun harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Mantan Wali Kota Solo ini menyebut pemerintah menargetkan vaksinasi terhadap 5 juta guru dan tenaga pendidik di Tanah Air. Hal itu dilakukan untuk mengejar goal pembelajaran tatap muka bisa dilakukan di Juli mendatang. Jokowi menuturkan, guru atau tenaga pendidik memang mendapatkan prioritas vaksin agar proses belajar mengajar bisa segera berlangsung secara tatap muka. Karena sejak pandemik melanda, kegiatan belajar mengajar memang dilakukan secara daring.

Comments are closed.