Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli 2021, Kemendikbud Diminta Tak Lepas Tangan

Written by Obit on February 17, 2021 in Bisnis Makanan dan Minuman with no comments.

Sementara pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan terlalu lama, kata dia berisiko besar bagi para siswa. Untuk itu, dia meminta sekolah yang mana guru dan tenaga kependidikan selesai divaksinasi diminta untuk segera memenuhi daftar periksa, dan wajib memberikan layanan PTM terbatas. Selama PTM terbatas, jumlah hari dan jam pembelajaran disesuaikan dengan pembagian rombongan belajar dengan sistem shift. Penentuan jumlah hari dan jam dilakukan oleh tiap satuan pendidikan dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga satuan pendidikan. Di dalamnya memuat syarat pembelajaran tatap muka dengan foundation zona risiko Covid-19. Pada periode ini, zona risiko hijau dapat membuka pembelajaran tatap muka dengan memenuhi berbagai syarat.

Untuk di Indonesia sendiri saat ini data positif rate berdasarkan knowledge dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 per 27 Februari 2021, positivity price nasional masih mencapai 24,30 persen. Ia menyebut kesanggupan negara dalam memvaksinasi sekitar 5 juta tenaga pendidik dengan waktu relatif singkat, yakni hanya empat bulan. Ketentuan ini semuanya dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga sekolah. “Presiden mengatakan pendidikan tatap muka yang akan dimulai harus dijalankan dengan ekstra hati-hati. Tatap mukanya terbatas,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (7/6). Sekolah tatap muka hanya akan dilakukan saat seluruh guru telah divaksinasi Covid-19.

Carwinda mengatakan bahwa mayoritas sekolah di wilayahnya sudah memenuhi standar penerapan protokol kesehatan. Yang terpenting, protokol kesehatan harus tetap dijalankan saat dimulainya sekolah tatap muka. Seluruh komponen sekolah, dari guru, tenaga pendidik lain, siswa, hingga orang tua harus menjalankan Gerakan 3M, yakni menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun. Nadiem menegaskan juga bagi sekolah yang saat ini sudah membuka belajar tatap muka, dipersilakan untuk melanjutkannya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Pemerintah kini berupaya menuntaskan vaksinasi kepada guru atau tenaga pendidik. “Kenyataannya hanya sixteen persen yang melakukan pembelajaran tatap muka dan eighty four persen sisanya PJJ. Ini harus naik cepat, makanya dengan vaksinasi pendidik dan tenaga pendidikan kita akselerasi PTM di sekolah,” tegas Mendikbud.

Isu sekolah tatap muka Juli 2021

Pertimbanganpositivity ratejuga didukung dengan masuk kategori apa zonasi wilayah yang bersangkutan. Selain itu, Satgas Covid-19 Kota Dumai juga akan mengeluarkan ketentuan yang wajib dijalaksanakan pihak sekolah untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. “Pembelajaran tatap muka akan dimulai bulan Juli 2021 seiring dikeluarkannya Surat Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19,” ungkap Paisal. Disampaikan Koordinator Perhimpunaan untuk Pendidikan dan Guru Satriawan Salim, jika pembukaan sekolah tidak perlu dilakukan serempak, dan harusnya dilakukan secara bertahap. Bila dibandingkan dengan kelompok usia yang lebih tua, anak-anak juga memiliki risiko yang sama besarnya untuk tertular dan memiliki kemampuan penularan yang sama seperti kelompok usia yang lebih tua.

Selama lebih dari satu tahun sejak Maret 2020, Pemerintah menerapkan pembelajaran jarak jauh untuk menekan penyebaran Covid-19. Melalui vaksinasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan, pemerintah telah bersiap untuk membuka kemungkinan pembelajaran tatap muka . Diantaranya karena faktor ekonomi, geografis, ancaman putus sekolah, kesulitan memahami perkuliahan, kesulitan beradaptasi, sudah adanya vaksin dan sebagainya. Ia meyakini sekolah anaknya sudah siap untuk memberikan pembelajaran tatap muka dengan baik, termasuk keamanannya melalui penerapan protokol kesehatan.

Ede menambahkan saat ini angka constructive price masih cukup tinggi kendati sehingga sekolah tatap muka belum bisa langsung dibuka, meski vaksinasi guru dan tenaga pendidik selesai. Selain itu Ede juga menyoroti soal vaksin yang belum ada untuk anak-anak, mengingat para siswa pun harus divaksin. Carwinda mengatakan kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah sampai saat ini belum dilaksanakan di wilayah Kabupaten Bekasi. Dengan kebijakan seperti itu, maka belajar tatap muka di sekolah tidak 100 persen dilakukan. Terkait dengan teknis waktu pelaksanaan tatap muka, kemendikbud menyerahkannya ke masing-masing sekolah. Mengenai kebijakan belajar tatap muka di sekolah, Mendikbud juga menambahkan bahwa kapasitas belajar tatap muka hanya sebesar 50 persen saja.

Ada serangkaian aturan dan protokol kesehatan yang harus diterapkan saat sekolah tatap muka. Keputusan dibuka atau tidaknya sekolah akan diserahkan pada Pemda atau Kantor Wilayah. Nah, pertimbangan tiap pemerintah daerah bisa berbeda-beda, dan Deposit Pulsa Tanpa Potongan bisa jadi pertimbangan kesehatan harus dikompromikan. Ombudsman RI juga meminta masyarakat turut berpartisipasi dalam mengawasi dan melaporkan apabila ditemukan pelanggaran-pelanggaran dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka dan PPDB.

Meski demikian, sekolah yang hendak melakukan PTM harus memenuhi sejumlah syarat, seperti mendapatkan izin dan pemerintah daerah setempat dan memenuhi daftar periksa Kemendikbud Ristek. Pemerintah berharap setelah vaksinasi, sekolah akan dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Riza mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan berbagai uji coba sebelum membuka sekolah tatap muka mengingat ancaman wabah COVID-19 di Ibu Kota masih sangat besar. Beredar sebuah artikel berita di blog yang berjudul “Belajar Tatap Muka Resmi Januari 2021, Anak Wajib Swab Test Sebelum Sekolah” yang diunggah pada tanggal 14 Desember 2020. Dalam artikel tersebut terdapat informasi bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim merencanakan mulai Januari 2021, rencananya sekolah sudah bisa melakukan pembelajaran tatap muka dan anak wajib swab take a look at sebelum sekolah.

Comments are closed.